Pemahaman Sepak Bola: Sejarah, Ketentuan, Tehnik Dasar dan Faedah

Pemahaman Sepak Bola

Pemahaman Sepak Bola: Sejarah, Ketentuan, Tehnik Dasar dan Faedah

Sepak Bola, Salah satunya permainan di Indonesia yang terbanyak pecintanya ialah sepak bola. Bahkan juga permainan yang ini bisa disebut yang terbanyak disukai, ingat setiap laga yang ada tak pernah lepas dari jumlahnya pemirsa.

Sepak bola selainnya jadi gelaran olahraga, jadi gelaran selingan untuk beberapa orang. Salah satunya faktanya, banyak diketemukan cewek cowok yang kemungkinan tidak jago bermain bola tetapi ikhlas berdesakan ke stadion untuk menonton atau memberikan dukungan team kecintaan. Dengan reputasinya itu, apa Grameds ketahui apakah itu pemahaman sepak bola?

Nach supaya punyai insight lebih mengenai permainan sepak bola, silahkan kita kenali keterangan komplet sekitar pemahaman sepak bola, sejarah, ketentuan, tehnik dasar, faedah sampai beberapa tokoh sepak bola populer di Indonesia.

1. Pemahaman Sepak Bola

Sepak bola ialah mengarah dalam permainan yang sudah dilakukan oleh dua team berlainan, dengan formasi pemain yang ada lapangan sekitar sebelas orang. Di mana masing-masing team berusaha untuk menang dan cetak gol ke gawang musuh.

Pemahaman Sepak Bola: Sejarah, Ketentuan, Tehnik Dasar dan Faedah
Pemahaman Sepak Bola: Sejarah, Ketentuan, Tehnik Dasar dan Faedah

Dalam artian sepak bola, selanjutnya permainan ini mengikutsertakan gerakan elemen fisik, psikis, motorik kasar dan motorik lembut, dan dibangun dengan kemampuan team yang kompak. Gerakan semua elemen itu dilaksanakan untuk jaga gerakan bola masih tetap aktif dan melalui garis gawang.

Adapun bola yang dipakai di dalam permainan berwujud oval, di mana tiap gerakannya dilaksanakan tiap pemain memakai kaki dan cuma kiper (penjaga gawang) yang dapat sentuh bola memakai tangan.

Peristiwa dan kejadian dari laga sepak bola memang memberi kesan-kesan yang tidak terlewatkan dan selalu mengundang perhatian untuk disaksikan pergerakan untuk pergerakannya. Tidak salah sepakbola menjadi satu diantara olahraga sport favorite di dunia.

Olahraga dimainkan oleh 250 juta orang di lebih dari 200 negara memiliki komitmen untuk jadikan olahraga yang harus dipunyai. Hingga banyak supporter dan keluarga yang memiliki komitmen tidak untuk melewati laga sepak bola, baik liga professional atau liga pemula.

2. Pemahaman Sepak Bola Menurut Beberapa Pakar

Menurut FIFA

FIFA (Federation Internationale de Football Association) mengutarakan jika sepak bola ialah satu permainan yang memakai bola sepak dan dimainkan oleh sebelas pemain pada sebuah team dan dimainkan di lapangan rumput atau turf dengan panjang ukuran lapangan 90-120 mtr. dan lebar 45-90 mtr..

Muhajir

Menurut Muhajir, sepak bola ialah sebuah permainan dan olahhraga yang dapat dilaksanakan dengan menendang bola untuk dimasukkan pada gawan musuh dan tetap harus jaga gawang supaya tidak kecolongan team musuh.

Luxabacher

Menurut Luxabacher, sepak bola ialah sebuah laga dimainkan oleh dua team yang di mana tiap team sejumlah 11 pemain. Tiap yang berlagaa harus dapat menjaga gawan supaya tidak bungkusukkan oleh musuh dan harus tetap membobol gawang musuh.

Komaruddin

Komaruddin mengatakan jika sepak bola ialah satu aktivitas fisik yang mempunyai banyak gerakan dan dapat disaksikan dari taksonomi gerak umum. Selai itu, dia mengutarakan jika pergerakan di dalam permainan sepak bola mempunyai beberapa gerakan dasar yang bisa membuat skema gerak selengkapnya, dimulai dari skema gerak kecurangan, lokomotor, dan nonlokomotor.

3. Sejarah Permainan Sepak Bola

Sesudah ketahui pemahaman sepak bola di atas, bagiamana sejarah sepak bola sampai terkenal sampai saat ini? Berdasar sumber yang diambil di website Football History, kedatangan Permainan sepak bola terjadi di China sekitaran era ketiga dan 2 SM bernama permainan Cuju. Di mana Cuju dimainkan dengan wujud bola bulat di atas sektor tanah persegi. Banyak beberapa negara yang mengeklaim jika kedatangan sepak bola dimulai pada mereka sendiri, seperti Yunani Kuno dan Roma.

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Tetapi narasi yang banyak dianggap permainan sepak bola terkenal pada era keduabelas, di mana pada era ini sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalanan Inggris. Seiring waktu berjalan selanjutnya banyak muncul club sepak bola namun kedatangan Club sepak bola yang dipercaya ada semenjak era ke-15 itu terorganisir secara baik dan tanpa status sah.

Maka dari itu cukup susah untuk tentukan club sepak bola yang pertama datang dari muka bumi ini. Beberapa sejarawan Inggris memercayai jika ada club professional yang dibuat di Inggris di tahun 1862 bernama club Inggris Notts County. Satu tahun selanjutnya sepak bola kekinian lahir di tahun 1863 saat Federasi Sepak Bola Inggris dibangun.

Semenjak kemudian di tahun 1883 diadakan kompetisi internasional pertama kali yang mengikutsertakan empat negara yakni Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales.

Walau sepakbola jadi peristiwa yang dan digemari dari Inggris, perlahan-lahan menebar ke beberapa negara Eropa yang lain. Laga pertama di tahun 1867 yang berjalan di luar Eropa yakni di Argentina.

Persisnya pada 21 Mei 1904 Federation International Football Association (FIFA) dibangun, yang diberi tanda tangan oleh tujuh negara yakni Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Walau Inggris sama dengan sejarah perubahan sepak bola, namun mereka tidak ikut serta tergabung semenjak awalnya. Tetap, mereka tergabung di tahun selanjutnya.

Makin digemarinya olahraga sepak bola diprekuat dengan ditempatkannya sebagai olahraga sah dalam olimpiade di tahun 1908. Dan Piala dunia yang dikerjakan pertama di tahun 1930 makin perkuat olahraga yang paling terkenal di ajang internasional. Sampai akhirnya di tahun 1996 sepak bola wanita dipertambah untuk pertamanya kali.

4. Ketentuan Yang Ada Pada Permainan Sepak Bola

Sebagai salah satunya olahraga paling tua di dunia yang terbanyak disukai untuk dilihat. Sekarang ini, game itu dimainkan di penjuru dunia oleh juta-an orang, dengan miliaran suporter. Tidaklah aneh sepakbola datang dalam beragam ide laga, seperti Piala Dunia.

Disamping itu ada beberapa turnamen Euro Championships, Copa America dan Piala Afrika. Disamping itu liga paling kuat di Inggris (Liga Khusus Inggris), Spanyol (La Liga), Italia (Serie A) dan Jerman (Bundesliga). DI tanah air Indonesia (Liga 1) sebagi liga paling kuat.

Menyaksikan semangat warga dunia pada sepak bisa harus bersamaan dengan ketentuan main, FIFA sebagai organisasi Internasional yang memayungi olahraga ini sudah keluarkan ketentuan baku. Saat kita bicara masalah pemahaman sepak bola, selainnya wujud permainan, karena itu kita perlu mengulas masalah wujud ketentuan di dalam permainan ini.

Di mana ketentuan ini dikatakan sebagai Law of the Game yang menurutnya berlaku untuk semuanya laga baik tingkat internasional atau laga di antara anak-anak kecil di dusun terasing.

Menurutnya Jika Hukum harus berlaku sama setiap laga setiap federasi, negara, kota dan dusun di penjuru dunia. Karenanya ketentuan yang diterapkan dalam laga ialah kemampuan besar yang perlu dipertahankan untuk kebaikan.

Dalam document Law of the Game mereka mempunyai filosofi dan spirit of the law di mana “laga terbaik ialah laga di mana wasit jarang-jarang diperlukan karena permainan sarat dengan rasa hormat keduanya”.

Dasar ini ialah salah satu hukum sepak bola yang diyakini oleh tubuh olahraga FIFA. Dalam ketentuan itu ada 17 pasal yang berjalan untuk laga di mana beberapa aturan yang terkait dalam jumlah pemain yang perlu dipunyai satu team, durasi waktu laga, ukuran lapangan dan bola, tipe dan karakter pelanggaran yang bisa diadili wasit, dan banyak ketentuan lain terkait dengan konsep sepak bola.

Sepanjang laga, sebagai pekerjaan wasit untuk menerjemahkan dan menegakkan “konsep” di dalam permainan. Namun, pada umumnya dalam laga sepak bola mempunyai arah untuk cetak sebanyaknya gol dibanding musuh.

a. Ketentuan Mengenai Gol Yang Syah

Di mana ketentuan Pertama kali yang penting diingat untuk memenangi laga bola harus masuk ke gawang musuh. Tiap sepakan yang ke arah gawang musuh harus disudahi dengan melalui garis supaya bisa menghasilkan gol yang syah. Gol bisa diciptakan dengan anggota badan mana saja selainnya dari tangan atau lengan sampai ke pundak.

b. Ketentuan Mengenai Waktu Permainan

Ketentuan umum yang penting jadi perhatian ialah saat yang berlaku sepanjang laga ialah sepanjang 90 menit. Sepanjang laga akan dipisah jadi dua sisi, 45 menit pertama selanjutnya akan ambil waktu sepanjang 15 menit untuk meneruskan permainan ke-2 sepanjang 45 menit.

Saat permainan usai seimbang sepanjang 90 menit berikut dengan tambahannya makan akan diteruskan beradu penalti untuk tentukan juara. Di mana penalti ini dilaksanakan dalam kotak penalti dengan menyepak bola ke gawang musuh.

c. Ketentuan Mengenai Jumlah Pemain

Ketentuan setelah itu jumlah pemain dalam tiap team sekitar 11 pemain. Terdiri sepuluh pemain lapangan dan satu kiper. Tiap team bisa sediakan sampai 7 pemain cadangan.

Penggantian pemain bisa dilaksanakan kapan pun dalam laga dengan masing-masing team bisa lakukan optimal 3 penggantian pemain per segi. Disamping itu beberapa pemain harus menggunakan equipment (perlengkapan) seperti kenakan sepatu bola, bantalan tulang kering, dan jersey yang cocok. Disamping itu kiper akan kenakan sarung tangan empuk.

Dari tiap team akan di tunjuk satu kapten, di mana kapten yang nanti akan menggunakan karet kapten. Bola yang dipakai di dalam permainan sudah ditata di mana lingkaran harus mempunyai ukuran lingkar 58-61 cm.

d. Ketentuan Wasit dan Pemberian Kartu

Tiap laga harus mengikutkan satu wasit dan dua pendamping wasit (hakim garis). Pekerjaan wasit ialah bertindak selaku penjaga waktu dan membuat keputusan apa saja yang kemungkinan perlu dibikin mirip pelanggaran, sepakan bebas, lemparan ke, penalti, dan dipertambah on time diakhir tiap set.

Wasit bisa konsultasi dengan pendamping wasit kapan pun dalam laga berkenaan keputusan. Sebagai pekerjaan pendamping wasit untuk tentukan offside dalam laga (saksikan di bawah), melemparkan ke untuk salah satunya team dan menolong wasit dalam semua proses ambil keputusan bila tepat.

Untuk pelanggaran yang sudah dilakukan seorang pemain bisa diganjar dengan kartu kuning atau kartu merah bergantung tingkat pelanggaran yang sudah dilakukan.

Keputusan ini umumnya dilaksanakan atas dasar peraturan wasit. Ke-2 kartu itu mempunyai makna yang lain di mana kuning sebagai pertanda peringatan, dan kartu merah ialah hukuman untuk pemain yang lakukan pelanggaran berat umumnya diikuti dengan keluarnya pemain dari lapangan rumput.

Disamping itu dua kartu kuning sama maknanya dengan 1 kartu merah. Rugi untuk team saat ada salah satunya pemain yang diganjar kartu merah, pasalnya secara automatis mereka akan kehilangan satu pemain.

Sama kita ketahui dasar ketentuan yang ada di permainan sepak bola, kita dapat pahaminya lebih luas pada Buku Jago Sepak Bola Untuk Pemula kreasi Reki Waspada Agustina, M.PD., AIFO-P, tidak cuma dasar ketentuan ada sesuatu hal yang lain diulas di buku ini ibarat sejarah sepak bola, ketentuan permainan / Laws Of Game, inti dan macam Latihan, sampai skema skema dalam sepak bola. Grameds bisa membeli buku ini dengan click “Membeli Buku” berikut ini.

5. Faedah Bermain Sepak Bola

Permainan yang terkenal dan asyik ini karakternya bersaing, bahkan juga ada beberapa orang yang lakukan olahraga sepak bola ini cuma untuk memperoleh kesenangan. Walau argumennya cuma untuk kesenangan, rupanya kedatangan sepak bola memberi faedah positif untuk kesehatan. Berikut faedah dari sepak bola:

a. Menambahkan kesehatan dan stamina

Menambahkan Stamina di mana gabungan lari, jalan kaki, lari cepat dan menyepak bisa memberi kenaikan stamina, kenaikan kesehatan jantung, pengurangan lemak badan, kenaikan kemampuan dan tonus otot, kenaikan kemampuan tulang, dan kenaikan koordinir

b. Tingkatkan kerja team dan sosial

Faedah sepak bola selanjutnya ialah faedah sosial. Faedah sosial sepak bola ialah tingkatkan kerja team, bermain sepak bola akan dihubungkan dengan karakter kepimpinan, dan bersahabat baik dengan bermain sepak bola. Tingkatkan kegiatan kerja team ialah ketrampilan penting.

c. Bagus untuk kesehatan psikis

Dikutip dari portal Footbal Talk jika dengan olahraga terhitung lakukan sepak bola bisa memberi faedah pada kesehatan psikis. Di mana Olahraga teratur dipandang bisa menolong membenahi beberapa masalah kesehatan psikis seperti stres dan depresi, bisa tingkatkan keyakinan diri dan harga diri, dan bisa menolong kurangi kekhawatiran.

Telah lama bisa dibuktikan jika beberapa olahragawan mempunyai harga diri dan keyakinan diri yang semakin tinggi dibanding dengan beberapa rekannya. Ini penting, khususnya untuk remaja yang kerap alami peralihan situasi hati yang mencolok dan kemungkinan alami depresi. Dengan membuat keyakinan diri, lewat olahraga sepak bola menolong menurunkan depresi dan kekhawatiran.

d. Bagus untuk kognisi

Sedikit yang ketahui ini, tapi bermain sepak bola mempunyai dampak yang berarti pada peranan kognitif otak seorang. Karena ini ialah permainan vital yang memerlukan ambil keputusan cepat, sepak bola tingkatkan kesabaran, disiplin diri, dan fokus. Pelajar yang ikuti olahraga biasanya memperlihatkan prestasi yang lebih bagus di sekolah

e. Menolong masalah solving anak

Bermain sepak bola untuk anak-anak umur sekolah bisa menolong membuat ketrampilan perpecahan permasalahan yang kuat. Pemain harus dapat menuntaskan permasalahan dengan rekanan satu team dan musuh mereka menjadi yang paling atas. Sementara Anda mengetes ketrampilan perpecahan permasalahan Anda yang sedikit, Anda belajar bagaimana mendapati resolusi untuk beberapa masalah kecil. Dalam periode panjang, Anda akan mendapatkan banyak faedah dengan bermain sepak bola di periode remaja Anda.

6. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan harus dibuat dari rumput bikinan atau alami di mana semua daerah dalam garis putih pada lapangan ialah tempat laga. Sebenarnya ketentuan lapangan sepak bola ada pada Law of the Game (LOTG), lebih persisnya di pasal 1. Lapangan sepak bisa berwujud persegi dan mempunyai empat segi salah satunya segi kanan dan kiri yang dikatakan sebagai garis lapangan, dan bagian lain yakni lebar lapangan dikatakan sebagai garis gawang.

Ukuran lapangan dibolehkan bervariatif Ketentuan FIFA mengaplikasikan standard lapangan sepak bola internasional ialah panjangnya 100-110 meter. Sementara lebarnya 64-75 meter. Ada juga lingkar tengah mempunyai radius 9,15 meter. Dan ukuran kotak penalti ialah 40,3 x 16,5 meter. Di lapangan ada dua gawang yang dijaga oleh masing-masing penjaga gawang di mana gawang tersebut terbagi dalam frame memiliki ukuran tinggi 8 kaki dan lebar 8 meter.

Ukuran Lapangan Sepak Bola
Ukuran Lapangan Sepak Bola

Kemungkinan beberapa Grameds masih tidak cukup pahami bagaimana prasarana dan fasilitas permainannya, tehnik dasar pemain dan bagaimana mode drill-drill latih tehnik dasar itu. Untungnya segala hal itu diterangkan selengkapnya di buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktek kreasi Ketut Chandra Adinata Kusuma, S.Pd., M.Pd. Tentu saja buku ini diperlengkapi gambar yang menegaskan materi yang dikupas, hingga untuk beberapa pembaca dari tingkat pemula sampai mengusai bisa secara mudah mengaplikasikannya, dan Grameds dapat membeli buku ini dengan click “Membeli Buku” berikut ini.

7. Tehnik Dasar Permainan Sepak Bola

Tehnik dalam sepak bola menjadi satu diantara komponen yang paling terang dan kelihatan di dalam permainan sepakbola. Kekuatan dalam tehnik sepak bola akan punya pengaruh besar pada kemenangan team. Berikut beberapa tehnik simpel yang penting terkuasai saat sebelum lakukan permainan :

a. Tehnik Dasar Mengoperkan Bola (Passing)

Ketrampilan ketepatan passing, Ketepatan umpan merujuk pada kekuatan pemain memakai ke-2 kaki untuk mengoper bola ke arah yang diharapkan pemain. Ini dapat memiliki arti mengoper bola langsung ke kaki rekanan satu team dengan kemampuan dan akurat, mengirim operan terobosan lambung atau mengumpan dan mainkan bola secara tepat di muka gawang.

Ada banyak tehnik passing (umpan) yang bagus supaya bola bisa terakurasi dan sampai di kaki rekan tanpa diambil oleh team musuh, Berikut sejumlah tehnik passing :

  • Inside of the foot or push pass (Kaki sisi dalam)

Tehnik passing dengan kaki sisi dalam ini mempunyai tingkat ketepatan yang lebih bagus dan pas untuk digunakan di umpan jarak pendek. Mempunyai kecepatan sedang dan bola kemungkinan kecil akan membumbung tinggi, hingga rekanan kita juga makin gampang terima umpan kita.

  • Outside of the foot (Kaki sisi luar)

Type passing yang ke-2 ialah outside of the foot atau mengoperkan dengan sisi luar kaki. Tehnik ini perlu kerap latihan supaya ketepatannya tepat. Karena cukup lebih sulit dengan tipe passing yang pertama.

Keunggulan pada passing tipe ini ialah digunakan buat passing tipuan supaya bola tidak diambil oleh team musuh.

  • Instep drive

Tehnik passing instep drive digunakan untuk passing jarak jauh. Status sepakan ada di sisi tengah cukup kebawah, hingga bola dapat capai terget yang jauh.

Pemain harus memerhatikan titik ini dan harus memakai perasaan supaya bola sampai di rekanan kita. Anda bisa mengayunkan tangan untuk jaga kesetimbangan.

  • Chip pass

Tehnik passing dalam sepak bola setelah itu chip pass. Tehnik ini digunakan agar bisa capai titik umpan yang terhadang oleh musuh dengan mengorbitkan bola.

Tehnik ini dapat digunakan untuk jarak pendek atau periode pendek, namun jarak di antara kita dengan musuh harus cukup jauh supaya bola tidak stop dan terserang badan musuh.

b. Tehnik Dasar Hentikan Bola / Terima Bola

Tehnik dasar bermain sepak bola setelah itu hentikan / terima bola. Tehnik ini penting untuk terkuasai supaya bola tidak mantul kembali dan diambil oleh musuh. Karena itu perlu ketrampilan dalam terima bola. Berikut teknik-tekniknya :

  • Memakai kaki sisi bawah / telapak kaki

Tehnik yang pertama ialah memakai telapak kaki dan saat bola akan sampai pergerakannya seperti mencapai bola dengan kaki yang sedikit terangkut dan lutut tertekuk. Supaya terjadi dengan mulus, yakinkan mata konsentrasi dan tertuju pada arah hadirnya bola.

  • Memakai kaki sisi dalam

Seperti saat mengoperkan bola, kaki sisi dalam bisa juga digunakan untuk hentikan bola. Saat bola ingin sampai, kaki bergerak ikuti arah pergerakan bola supaya bola tidak terpantul dan dapat landing dengan prima.

  • Meredam bola dengan kaki sisi luar

Sisi luar bisa juga digunakan untuk meredam bola, tetapi tehnik ini lebih susah dilaksanakan daripada tehnik yang pertama dan ke-2 . Tetapi lebih efisien dari sisi kecepatan, pemain langsung bisa hentikan bola terus dribbling dan lanjut untuk serang.

c. Membawa (Dribling) Bola

Ketrampilan membawa bola, di mana ketrampilan ini terkait dengan kontrol penuh pada bola. Dribbling, manuver, dan bawa bola dalam kecepatan tinggi ialah kunci keberhasilan saat sebelum cetak gol.

  • Dribbling dengan memakai segi kaki sisi dalam

Dribbling yang pertama ialah memakai segi kaki sisi dalam. Triknya dengan sentuh bola dengan segi kaki sisi dalam dan status kaki ialah tegak lempeng pada bola.

Selanjutnya bola disepak perlahan buat menjaga kontrol bola. Janganlah lupa fokuskan kemampuan sepakan pada sisi tengah bola hingga mempermudah dalam mengatur bola.

  • Dribbling dengan segi kaki sisi luar

Ketrampilan mengatur bola ini dipakai saat pemain yang kuasai bola sedang lari dan menggerakkan bola hingga dapat menjaga bola itu masih tetap ada di segi luar kaki.

  • Dribbling memakai kura-kura kaki

Tehnik dribbling setelah itu memakai kura-kura kaki. Tehnik ini disebut lebih nikmat dan dapat digunakan untuk dribbing dengan kecepatan tinggi (lari).

d. Mengatur Bola

Mengatur bola, ini terkait dengan pengaturan bola yang terkait dengan kepenguasaan semua anggota badan kecuali tangan dalam mainkan dan atur kehadiran bola supaya masih tetap konstan antara anggota badan.

Dengan kontrol bola yang bagus seorang bisa terima umpan dan lakukan umpan baik lambung atau datar. Disamping itu kontrol bola ialah kekuatan menjaga kepenguasaan bola dan membuat perlindungan dari musuh.

e. Kontrol Badan

Ke-5, yang juga sangat penting ialah kontrol badan, di mana kekuatan pemain gerakkan badannya secara lancar saat laga, memaksimalkan kesetimbangan. Mengatur badan saat laga terkait dengan cara yang pas, lari yang imbang, dan kesetimbangan gravitasi saat lakukan lompatan.

8. Figur Populer Sepak Bola

Sejauh sejarah permainan sepak bola, sudah banyak melahirkan beberapa tokoh berjasa untuk club dan negaranya. Kehadiran figur sepakbola ini tidak lain ialah karena kegigihan sepanjang jadi olahragawan, teratur dalam latihan, dan junjung tinggi sportifitas. Pada Maret 2020 majalah France Football melaunching sekitar 50 nama figur punya pengaruh dalam sepak bola, empat salah satunya ialah Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Neymar (Paris Saint-Germain), Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Juventus).

Cristiano Ronaldo sebagai figur dan pemain sepak bola bisa menjadi legendaris di periode mendatang, dia sudah memberikan inspirasi beberapa orang. Dengan banyak prestasi dan kekayaan yang dipunyai hasil dari laga untuk laga mengagumkan yang dia permainkan. Jadi tidak salah Ronaldo ialah figur terkenal dan punya pengaruh, yang hendak terukir sejarahnya di masa datang.

Nach, tersebut keterangan mengenai pemahaman sepak bola, dimulai dari sejarah, ketentuan permainan, faedah, beberapa tokoh populer sepak bola yang luar biasa.

Sumber : https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-sepak-bola/