Apa Itu Teknologi IoT Dapat digunakan Dengan Baik Dan Mudah?

Apa Itu Teknologi Iot ( Internet Of Things ) ?

Berbicara tentang apa itu teknologi IoT, mungkin masih terdengar agak asing, walaupun sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tapi tidak semuanya menggunakan teknologi IoT, biasanya penerapan IoT banyak digunakan untuk keperluan yang memerlukan sistem yang otomatis.

Teknologi IoT akan terus menggunakan konektivitas internet untuk dapat beroperasi dengan baik, sehingga IoT termasuk dalam teknologi dengan tingkatan yang tinggi, kualitas terbaik, dengan nilai tinggi ketika teknologi itu ditawarkan, dan banyak hal yang lainnya.

Mengenal Tentang Teknologi IoT

Mengenal Tentang Teknologi Iot
Mengenal Tentang Teknologi Iot

Apa itu teknologi IoT? IoT atau biasa disebut juga dengan Internet of Things, di mana IoT ini adalah internet yang terbentuk bukan antara pengguna manusia, tapi antara perangkat yang saling berhubungan dan berbagi data.

IoT sendiri hadir dalam bentuk perangkat IoT, seperti alat kebugaran yang dapat digunakan untuk mengukur detak jantung dan jumlah langkah Anda dan membantu memberikan informasi dalam latihan yang disesuaikan untuk Anda. Bahkan dapat mencatat statistik melalui aplikasi.

Cara kerja IoT

Untuk cara kerja dari Internet of Things ini adalah dengan menghubungkan perangkat elektronik dengan sistem otomatis melalui internet, di mana perangkat yang terhubung dengan sistem otomatis tersebut, dapat mengumpulkan informasi, menganalisisnya, dan mengambil tindakan.

Perangkat elektronik sendiri harus memiliki sensor agar bisa mendeteksi dan mengumpulkan data. Selanjutnya, data yang sudah dikumpulkan tersebut akan diolah sesuai dengan artificial intelligent yang telah ditanamkan pada program dan hasil dari olahan data biasanya berupa suatu perintah yang dikirim melalui konektivitas internet pada suatu perangkat, kemudian perintah tersebut kemudian dieksekusi oleh perangkat elektronik.

Komponen Yang Ada Pada IoT

1. Sensor

Sensor sebagai instrumen yang berfungsi mengambil data yang diperlukan dari suatu obyek, di mana tersebut bisa berupa informasi yang sederhana.

2. Konektivitas

Konektivitas pastinya berhubungan dengan data yang didapat akan dikirimkan ke cloud infrastructure untuk diproses. Biasanya pengiriman data ke cloud memerlukan koneksi internet. Dalam pemilihan koneksi juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka, Anda harus mempertimbangkannya dengan baik.

3. Pengolahan data

Selanjutnya ada pengelolaan data yang telah diambil dan dikirimkan ke cloud,di mana semua akan langsung diproses oleh sebuah software. Untuk proses pengolahan datanya cukup sederhana, yaitu dengan membaca suhu udara di area tertentu.

4. User Interface

User interface atau UI bagian dari data yang telah diproses dan memerlukan tampilan agar bisa dibaca oleh penggunanya, sehingga user interface ini sangatlah diperlukan.

Itulah sedikit informasi mengenai apa itu teknologi IoT dan seperti apa cara kerja dari IoT itu sendiri. Teknologi IoT telah mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari, sehingga pekerjaan berjalan dengan baik.