Teknologi Iot Di Indonesia, Pengertian Dan Contohnya

Teknologi Iot Di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang menggunakan internet of things (IoT). Bahkan pertumbuhan semakin cepat ketika pandemi. Alasannya karena banyak yang beralih memakai internet dalam mengakses barang dan jasa. Dengan demikian bagaimana teknologi IoT di Indonesia hingga saat ini?

Apa Itu Teknologi Iot Di Indonesia?

IoT atau Internet of things merupakan teknologi dengan julukan The Next Big Thing, sebab punya potensi dan diyakini bisa mengubah dunia dengan ciptaan jaringan raksasa yang bisa dihubungkan dengan banyak perangkat lewat perangkat juga.

Di Indonesia sendiri adopsi IoT ini mulai digunakan sejak tahun 2018, misalkan GPS tracker juga smartwatch. Bahkan diperkirakan pemanfaatan IoT ini akan meningkat. Hal ini sejalan dengan arus digitalisasi.

Bahkan Kemenkominfo menyatakan, teknologi dari IoT akan berkembang pesat di tahun 2025, hingga 41,6 miliar perangkat terpasang di dunia.

Traffik Pangsa Pasar Iot Indonesia
Perkiraan Traffik Pangsa Pasar Iot Indonesia 2022

Indonesia sendiri punya perangkat IoT ini diperkirakan sampai 400 juta perangkat di tahun 2022. Kenaikan akan terus terjadi hingga 678 juta perangkat di tahun 2025 nanti dengan kehadiran 5G.
Diperkirakan juga nilai dari pangsa pasar IoT ini di Indonesia akan mengalami kenaikan dari Rp 355 triliun pada tahun 2022, hingga Rp 557 triliun pada tahun 2025.

Jelas bisa disimpulkan, bahwa Indonesia soal IoT ini akan terus mengalami peningkatan dan bisa lebih cepat dengan 5G. Adopsi teknologi IoT ini bahkan sudah merambah ke berbagai bidang industri. Maka, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari teknologi dari IoT bisa masuk ke kegiatan sehari-hari.

Contoh Penggunaan Iot

Memang saat ini IoT sedang masuk ke hampir seluruh aspek kehidupan manusia, begitupun di Indonesia ini. Tidak mengherankan jika banyak yang tertarik mempelajari lebih lanjut tentang teknologi ini. Contoh IoT ini sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari :

1. Smart home

Contoh IoT satu ini adalah yang menghubungkan perangkat elektronik, misalkan kipas angin, lampu, juga AC juga perangkat koneksi internet. Teknologi ini memudahkan Anda dalam kegiatan sehari-hari.

Teknologi ini seperti Anda bisa membuka kunci pintu rumah pada jarak jauh saat ada kerabat datang. Jadi, sangat praktis sekali dan bisa menghemat tenaga, waktu, juga materi Anda.

2. Smart city

Teknologi ini juga bisa diaplikasikan dalam mengatur transportasi dengan otomatis, distribusi air praktis, manajemen energi cerdas, pemantau lingkungan sistematis, hingga sistem keamanan yang dinamis. Maka, teknologi ini bisa memecahkan masalah bagi orang di kota besar.

3. Perangkat elektronik (wearables)

Perangkat ini diciptakan dalam bentuk aksesoris yang sering dipakai, seperti gelang, jam tangan, kamera, kacamata, dan lainnya. Contohnya adalah smartwatch dari Apple.

4. Sistem keamanan biometrik

Teknologi dari IoT yang dipakai menggunakan sistem keamanan mencakup keamanan tingkat lanjut, pembatasan intervensi manusia, juga komunikasi data. Teknologi ini biasanya memanfaatkan suara, mata, sidik jari, juga pengenalan wajah.
Itulah informasi tentang teknologi iot di Indonesia. semoga membantu.