Peran Teknologi Iot Dalam Pertanian

Teknologi IoT Dalam Pertanian

Pada era milenial seperti saat ini dimana semua bidang sudah dipengaruhi oleh perkembangan teknologi karena manfaat dan semua kegunaan dari teknologi itu sendiri yang dapat mempermudah hampir semua pekerjaan manusia dan hasil yang didapatkan pun sangat memuaskan, sehingga tidak heran jika teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia di bumi.

Salah satu bidang yang sudah mulai dipengaruhi oleh adanya perkembangan teknologi adalah pada bidang pertanian, dan untuk jenis teknologi yang mulai diterapkan pada bidang ini adalah teknologi IoT. Keterlibatan teknologi IoT dalam pertanian dapat menjadi sebuah wadah dan langkah awal dalam bidang pertanian untuk mengubah hidup didunia.

Hal ini disebabkan karena sebagian besar wilayah, perubahan cuaca yang keras, tanah yang memiliki kualitas rendah. Dan kondisi rumit lainnya yang dapat membuat pertanian menanggung rugi, namun dengan adanya pengembangan penggunaan IoT dan alat-alat canggih dalam pertanian akan menciptakan lebih banyak keuntungan di masa depan.

Teknologi Iot Dalam Pertanian

Peran Teknologi IoT Dalam Pertanian
Keterlibatan teknologi IoT dalam pertanian.

IoT merupakan sebuah bentuk dari perkembangan teknologi yang memiliki banyak kegunaan bagi penggunanya karena IoT sendiri telah dilengkapi oleh teknologi dengan kecanggihan paling mutakhir pada saat ini.

Teknologi IoT dalam pertanian memerlukan penggunaan perangkat pintar, sensor, dan teknologi untuk mengelola setiap aktivitas pertanian. Yang mana proses tersebut meliputi penanaman, pemanenan dan penjualan hasil pertanian, sehingga melalui teknologi ini orang -orang dapat banyak ide untuk mengembangkan sektor pertanian mereka.

Teknologi IoT dalam pertanian sendiri memiliki beberapa peran dan fungsi yang dapat mempermudah segala kegiatan petani dalam menjalankan sektor pertanian mereka, hal tersebut meliputi :

1. Sebagai media promosi yang efisien bagi para petani

Sebagian besar petani pada saat ini menanam tanaman mereka di tanah yang buruk dengan ukuran lahan yang kurang serta kondisi cuaca yang buruk, akan tetapi dengan adanya teknologi IoT dalam pertanian para petani dapat mempelajari berbagai pola cuaca dan kondisi tanah yang efisien.

Sehingga hal tersebut akan dapat sangat membantu para petani dalam membuat sebuah keputusan yang tepat untuk keberlangsungan kegiatan pertanian mereka dengan lebih bijak dan tentunya dengan hasil yang sangat memuaskan.

2. Sebagai sarana untuk meningkatkan kelincahan pertanian

Dengan adanya teknologi IoT dalam pertanian maka para petani akan dapat memanfaatkan teknologi prediksi secara real time sehingga dapat membantu petani menjadi lebih fleksibel dalam bertani.

Kemudian selain dari itu para petani juga dapat lebih menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan cuaca, kesehatan tanaman, dan kondisi tanah. Dan juga para petani akan dapat menyelamatkan lebih banyak tanaman dari kemungkinan kerugian.

3. Sebagai media untuk mempromosikan lebih banyak ekspansi

Dikarenakan jumlah populasi manusia yang terus mengalami peningkatan setiap tahunya menjadikan tekanan yang ada pada sektor pertanian untuk menghasilkan sebuah produk akan lebih tinggi.

Melalui teknologi IoT dalam bidang pertanian seperti rumah kaca otomatis petani dapat menghasilkan makanan setiap musim, selain dari itu teknologi ini juga dapat memberikan sebuah kemungkinan bagi para petani untuk menanam makanan dimana saja selama nyaman bagi orang di sekitar pertanian.