3 Manfaat Utama dari Penerapan Teknik Multimedia

Manfaat Utama dari Penerapan Teknik Multimedia

Teknik multimedia dirasa mampu menjadi sebuah interaksi antar manusia dengan manusia melalui teknologi atau komputer. Penerapan teknik multimedia sendiri memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh penggunanya. Karena memang tujuan dari penggunaan multimedia untuk memudahkan aktivitas sehari-hari.

Multimedia Menurut Para Ahli

Sebelum Anda mengetahui manfaat utama dari penerapan multimedia, berikut adalah teknik multimedia menurut para ahli dan contoh kecilnya.

Menurut McCromcik (1996) Multimedia merupakan kombinasi dari tiga elemen, yaitu suara/audio, gambar, dan teks. Kemudian menurut Gumelar (2014) Multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools dan link sehingga user dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya maupun melakukan komunikasi dari elemen elemen tersebut.

Dari penurutan para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah gabungan elemen yang mencakup teks, gambar, animasi, audio atau video yang digabung untuk mendapatkan output tertentu yang menjadi informasi.

Contoh kecil dari multimedia adalah brosur dapat disebut multimedia karena merupakan gabungan dari elemen teks dan gambar. Penerapan teknik multimedia pada brosur ini bertujuan untuk menyampaikan informasi bahwa ada sebuah produk yang sedang dijual.

Manfaat Multimedia

Manfaat Multimedia
Manfaat Multimedia

Penggunaan multimedia sekarang bisa dilakukan pada seluruh bidang dan memiliki manfaatnya masing-masing. Berikut adalah manfaat penggunaan multimedia.

1. Penyampaian Informasi yang Lebih Efektif

Manfaat penggunaan multimedia adalah dapat memberikan atau menyampaikan informasi lebih baik dan efektif dan cepat, apalagi jika dapat menempatkan media di tempat yang ramai seperti stasiun kereta, bandara, dan lainnya.

Multimedia pada tempat seperti bandara dapat memberikan informasi yang dibutuhkan orang-orang, seperti jadwal keberangkatan, tempat check in tiket pesawat, informasi terminal keberangkatan, informasi bagasi dan informasi lain yang menjadi lebih mudah disampaikan tanpa harus bicara langsung pada banyak orang satu persatu.

2. Penggunaan yang Lebih Dinamis

Penerapan multimedia juga menjadikan penggunaannya jadi lebih dinamis dan beragam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, multimedia memiliki banyak elemen, jadi bukan hanya bertumpu pada satu elemen saja.

Contohnya penggunaan multimedia pada pembelajaran adalah bisa dengan gambar, audio atau video, tergantung penggunanya sendiri. PowerPoint juga menjadi alat sebagai multimedia pembelajaran yang sudah sangat sering digunakan pada pembelajaran di kelas.

3. Dapat Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Tujuan penerapan multimedia sendiri adalah untuk memberikan informasi sehingga aktivitas yang dilakukan dapat lebih ringan. Kenapa bisa begitu karena elemen visual seperti gambar, audio, dan animasi yang diberikan multimedia dapat membantu orang-orang memproses suatu masalah menjadi lebih baik dan juga bisa melihat dari sisi lain.

Itulah tadi manfaat utama dari penerapan teknik multimedia sebagai sarana pemberian informasi pada kehidupan sehari-hari. Anda mungkin bisa merasakan langsung manfaat ini dengan melihat sekeliling, karena penerapan multimedia sendiri sudah sangat banyak dilakukan tanpa Anda sadari.