Kenalan dengan VR , Teknologi Multimedia Terbaru yang Sedang Booming

Teknologi Multimedia Terbaru VR

Multimedia di era modern sangatlah penting dan mulai digunakan untuk semua ranah, dari bisnis, pendidikan dan juga entertainment. Dengan kecepatan teknologi seperti sekarang teknologi multimedia terbaru pun sudah ramai muncul seperti VR.

Tapi sebelum tahu apa itu VR, berikut ini adalah pengertian dari teknologi multimedia dan sejarah dari multimedia sendiri.

Pengertian Teknologi Multimedia

Teknologi multimedia merupakan teknologi yang menerapkan elemen komputer berbasis interaktif, yaitu grafik, teks, video, suara, dan animasi. Dan informasi dari elemen ini disatukan ke dalam komputer dan kemudian disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier dan interaktif.

Tujuan dari multimedia sendiri adalah untuk komunikasi yang lebih baik dari user atau pemakai dan komputer itu sendiri. Sistem komunikasi yang terbentuk adalah:

  • User to user
  • User to computer
  • Computer to user
  • Computer to computer

Walaupun teknologi multimedia terbaru semakin berkembang dan lebih complex, multimedia sendiri dimulai dari tahun 80an dan lebih simpel dibandingkan multimedia sekarang.

Perkembangan multimedia sendiri masih seputar Java Script dalam bagian teks, dan Adobe untuk bagian gambar, video, serta bisa juga audio dan animasi. Kemudian perkembangan multimedia tersebut dapat menjadi apa yang bisa dinikmati oleh banyak orang contohnya VR.

Pengertian VR

Pengertian VR Teknologi Multimedia Terbaru
Pengertian VR Teknologi Multimedia Terbaru

VR atau virtual reality merupakan sebuah teknologi digital yang seperti namanya membuat sebuah benda ‘virtual’ menjadi ‘realita’. Teknologi ini menggunakan indera manusia sebagai medianya, yang paling utama adalah indra pendengaran, penglihatan, dan raba.

VR sudah bisa digunakan dibanyak media, dari games, aplikasi, dan sudah mulai digunakan pada film atau video. Virtual relity sendiri harus menggunakan alat tertentu agar bisa dinimati. Contohnya dengan headset khusus VR, satung tangan, VR sekarang pun juga sudah semakin update sampai dengan hand tracking yang bisa membaca pergerakan tangan dan jemari Anda.

Sejarah VR

Walaupun VR mnerupakan teknologi yang baru, sejarahnya sendiri sudah ada sejak sangat lama, tapi tentu bukan yang dikenal seperti sekarang. Konsep virtual reality yang sekarang berawal dari pemikiran untuk melihat sisi lain dari sebuah kejadian, oleh karena itu lukisan panorama 360 derajat akhirnya dibuat pada tahun 1812 dengan nama lukisan ‘Battle of Borodino’.

Dari sinilah kemudian teknik multimedia lainnya mulia digabungkan, dari segi gambar, audio, video, maupun teks dan juga indra dari manusia agar terbentuk ‘realita’ yang diinginkan saat menggunakan VR.

Demikian pengertian dari teknologi multimedia terbaru bernama virtual reality. Penggunaan teknologi multimedia ini sangat banyak membantu dalam berbagai hal, bukan hanya dari hiburan seperti game tapi juga dalam ranah pendidikan yang dapat memberikan visual yang lebih real pada materi pembelajaran.