Mau Tahu Bagaimana Perkembangan Teknologi Multimedia?

Perkembangan Teknologi Multimedia

Perlu Anda ketahui, secara harfiah multimedia terdiri atas 2 kata yaitu multi dan media. Multi artinya banyak, sedangkan media artinya alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi lainnya.

Multimedia sendiri merupakan salah satu usaha pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan grafik, teks, gambar bergerak, audio, dan masih banyak lagi. Bagaimana perkembangan teknologi multimedia dari awal kemunculannya?

Awalnya multimedia hanya berupa text dan suara saja, namun sekarang multimedia makin berkembang dengan kemunculan komputer dan televisi. Kini multimedia menjelma sebagai media yang bisa menghibur manusia.

Begitu banyak teknik multimedia yang terkoneksi dengan internet sehingga bisa dijadikan media komunikasi, hiburan, dan lain-lain. Multimedia berkembang sangat pesat dalam beberapa bidang sesuai dengan penjelasan di bawah ini.

Perkembangan teknologi multimedia kian pesat
: Perkembangan teknologi multimedia kian pesat dan canggih sehingga bisa memudahkan segala urusan manusia.

Perkembangan Multimedia Dalam Bisnis

Semua perusahaan kini memberikan training kepada semua pegawainya dalam bentuk multimedia berupa simulasi. Hal ini membuktikan bahwa multimedia benar-benar memberikan kemudahan dalam berbagai bidang.

Dengan pembelajaran lewat multimedia, maka Anda akan jauh lebih mudah memahami segala sesuatu. Contohnya saja calon pilot yang akan menggunakan multimedia untuk melakukan training flight atau simulasi penerbangan.

Perkembangan Multimedia Bidang Pendidikan

Perkembangan teknologi multimedia dalam bidang pendidikan juga kian beragam. Awalnya dulu komputer belum terlalu dikenal di Indonesia. Hal ini membuat guru harus menyampaikan pelajaran hanya dalam bentuk lisan atau tulisan.

Namun sejak kemunculan multimedia, bahan pembelajaran kian interaktif dan mempermudah pembelajaran dalam berbagai aspek. Mulai dari belajar lewat teks, video, suara, grafik, dan juga E-learning.

Perkembangan Multimedia Dalam Aspek Entertainment

Multimedia kini sudah berhasil membuat semacam edukasi yang lebih menarik. Tidak lain untuk mendukung kegiatan entertainment berjalan lancar. Multimedia hadir dengan laser show, animasi, konser musik, video player, dan masih banyak lagi.

Kemunculan multimedia seolah bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton entertainment sebagai ajang hiburan. Hal inilah yang membuat peran multimedia dianggap begitu penting dalam media entertainment.

Perkembangan Multimedia Dalam Dunia Politik

Ketika sedang menjalankan aksi kampanye, biasanya masyarakat hanya mengandalkan lisan atau tulisan lewat selembaran atau sticker. Namun sekarang sejak kemunculan multimedia, aksi kampanye kian mudah hanya dengan menyebarkan informasi melalui dunia maya.

Banyak pendapat yang bermunculan hanya dengan menggunakan media sosial. Bahkan kehadiran multimedia dianggap membantu masyarakat dalam menyampaikan aspirasi penuh!

Perkembangan Multimedia Dalam Bidang Kesehatan

Perkembangan teknologi multimedia dalam bidang kesehatan juga sangat signifikan. Kini rumah sakit sudah bisa menyediakan beragam alat medis kedokteran yang serba canggih guna mendeteksi keadaan tubuh manusia.

Alat canggih multimedia dalam bidang kesehatan diantaranya alat citiscan, tensi darah, USG, rontgen, HD, dan masih banyak lagi. Intinya kehadiran multimedia sangat merubah pola hidup masyarakat lebih mudah.