Kenali Tentang Pengertian dan Jenis-Jenis Teknologi Multimedia

Kenali Tentang Pengertian dan Jenis-Jenis Teknologi Multimedia

Peran multimedia bagi kehidupan manusia sangatlah penting. Bisa dikatakan manusia sangat bergantung dengan teknologi multimedia saat menjalankan aktivitas sehari-harinya. Mengapa demikian?

Karena dengan multimedia, maka akan banyak kombinasi audio, grafik, video, audio, dan masih banyak keperluan lain multimedia dalam berbagai bidang. Mau tahu tentang pengertian dan jenis-jenis multimedia? Maka ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Sekilas Tentang Teknologi Canggih Multimedia

Multimedia merupakan salah satu teknologi yang di dalamnya menerapkan elemen komputer interaktif meliputi teks, video, grafik, animasi, dan suara. Saat ini ada beragam teknik multimedia yang memiliki kemampuan untuk bekerja dengan komputer.

Bagi Anda yang tertarik bekerja dalam dunia digital, maka harus menguasai segala jenis multimedia dan saluran pengembangannya. Memangnya apa saja jenis-jenis multimedia?

Jenis Multimedia yang Sering Digunakan

Komponen dan Jenis Teknologi Multimedia
Komponen dan Jenis Teknologi Multimedia Seperti teks, grafik, suara, foto, gambar, dan juga animasi.

Ada berbagai jenis multimedia yang sudah berkembang dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Multimedia sendiri terdiri atas grafik, teks, animasi, audio, grafik grafis, video, dan masih banyak lagi. Mau tahu penjelasan lengkapnya? Ini dia beragam jenis multimedia.

• Media Grafik

Grafik bisa dikatakan sebagai gambar digital urutan piksel yang bisa mewakili wilayah dalam tampilan grafis pengguna. Berbeda dengan media lainnya, grafik memiliki perbedaan mendasar dalam aspek ukuran penyimpanan dan kualitasnya.

Biasanya media grafik bisa disimpan dalam bentuk svg, swf, pdf, ps, jpg, gif, dan bmp. Lalu bagaimana dengan media multimedia lainnya?

• Teks

Dalam teknologi multimedia juga ditemui berupa teks yang tersimpan sangat bervariasi. Teks biasanya disimpan dalam bentuk database, spreadsheet, anotasi, file prosesor, dan file berbasis ASCII.

Melalui proliferasi dan ketersediaan, maka font teks pekerjaan bisa menyimpan teks dalam bentuk kompleks yang bisa memberikan efek khusus. Multimedia berikutnya berkaitan dengan audio.

• Animasi

Penampilan yang melibatkan gerakan satu demi satu. Animasi sangat dibutuhkan sebagai tujuan hiburan sehingga bisa dikatakan sebuah seni. Animasi biasanya ditampilkan dan dirayakan dalam bentuk festival film seluruh dunia. Terkadang animasi juga sering digunakan sebagai tujuan pendidikan.

• Video

Tipe data multimedia yang paling memakan ruang yakni video digital. Video digital nanti akan disimpan dalam urutan frame. Tergantung ukuran dan juga resolusinya, video terkadang bisa membutuhkan kapasitas hingga 1 MB.

Dengan editing yang profesional, maka pemutaran video bisa lebih realistis. Tidak hanya itu, video juga kini bisa hadir dengan kompresi, transmisi, dan dekompresi digital yang profesional.

• Objek Grafis

Teknologi multimedia juga bergerak dalam bidang objek grafis. Struktur data yang tampil bisa dalam bentuk 2D & 3D untuk mendefinisikan objek multimedia.

Semua format multimedia baik dalam bentuk aplikasi edit video, gambar, dan lain-lain bisa tampil dengan tampil yang lebih estetik. Peran multimedia kini lebih pesat dan kian berkembang dalam berbagai bidang apapun.