Manfaat Teknologi Iot Pada Pertanian

Teknologi IoT Pertanian

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi pada era milenial seperti saat ini yang sudah mulai mengakar pada semua aspek kehidupan manusia, dan salah satu aspek dalam kehidupan yang sudah mulai terkontaminasi dengan adanya teknologi adalah pada aspek pertanian.

Salah satu teknologi tersebut adalah teknologi internet of things atau yang sering disebut dengan IoT. teknologi iot pertanian merupakan salah satu bentuk dari adanya perkembangan teknologi dimana teknologi IoT ini bermanfaat untuk mengumpulkan data secara langsung pada bisnis pertanian dengan lebbih cepat, valid, dan akurat tentunya.

Manfaat Teknologi Iot Pada Pertanian

Manfaat Teknologi Iot Pada Pertanian
Teknologi Iot Pertanian ini akan membantu menyelesaikan aktivitas yang dilakukan oleh para petani dengan waktu yang lebih cepat dengan hasil yang lebih maksimal

Dengan adanya teknologi iot pertanian ini akan membantu menyelesaikan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh para petani dengan waktu yang lebih cepat dengan hasil yang lebih maksimal tentunya jika dibandingkan dengan kegiatan pertanian yang dilakukan secara manual tanpa menerapkan konsep IoT.

Berikut ini adalah manfaat – manfaat yang didapatkan dari keberadaan teknologi IoT pertanian adalah meliputi :

1. Memaksimalkan produk

IoT merupakan suatu teknologi tanpa kabel, di dalam sektor pertanian banyak dari penerapan teknologi IoT pertanian berperan besar dalam penggunaan mapping cuaca dan keadaan tanah.

Proses mapping dengan memanfaatkan teknologi IoT pertanian akan membuat proses pembuatan mapping cuaca menjadi lebih cepat sehingga membuat para petani dapat membuat keputusan yang cepat dan tepat juga.

Bahkan jika petani membutuhkan sebuah data secara langsung terkait dengan kondisi cuaca pada saat itu maka teknologi IoT pertanian ini dapat membantu hal tersebut dengan waktu yang singkat dan tidak perlu menunggu lama.

Data terkait cuaca, keadaan tanah, dan kebutuhan pasar terhadap tanaman tertentu yang berpengaruh terhadap optimalisasi produk pertanian bisa didapat dengan cepat. Mapping yang telah didukung dengan teknologi IoT pertanian juga telah dilengkapi dengan basis GPS ini umumnya juga menyimpan data berbasis internet dengan komputasi awan.

2. Dapat memanfaatkan sumber daya secara lebih efektif

Dengan adanya konsep IoT pada bidang pertanian juga dapat memberikan manfaat pada petani karena dapat mengukur dan menemukan kekurangan – kekurangan pada komponen utama dari lahan yang akan digunakan sedini mungkin.

3. Pest contol atau penanganan hama

Dengan penerapan IoT dalam perihal kontrol dan penanganan hama dapat diaplikasikan ke dalam bentuk jaringan sensor untuk memantau jumlah hama, pada praktiknya jika sensor mendeteksi terlalu banyak hama maka informasi tersebut dapat dikirim pada sistem pengendalian hama secara otomatis untuk mengambil tindakan.

Seperti contohnya pada kasus penggantian penggunaan pestisida, dengan menggunakan konse IoT ini dapat memberikan hasil panen menjadi lebih baik dan sehat untuk dikonsumsi.

4. Memaksimalkan operasi produksi

Kegiatan produksi pertanian yang dapat dimaksimalkan dengan adanya konsep IoT pertanian ini meliputi pemupukan, penyemprotan hama dan pemanenan. Semua aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan bantuan mesin atau dengan peralatan khusus, bahkan petani juga dapat melakukan pemupukan maupun penyemprotan hama secara real time.