Inilah Beberapa Teknologi IoT Terbaru yang Perlu Anda Ketahui

Teknologi IoT Terbaru

Pernahkah Anda mendengar tentang teknologi IoT? Dalam beberapa tahun terakhir istilah IoT atau internet of things ini memang cukup ramai digaungkan. Tentunya IoT bukan hanya istilah keren saja, tetapi lebih dari itu, ada banyak sekali teknologi IoT terbaru yang dikembangkan dan digunakan dalam berbagai bidang. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Beberapa Teknologi IoT Terbaru
Dalam beberapa tahun terakhir istilah IoT atau internet of things ini memang cukup ramai digaungkan.

Penerapan Teknologi IoT

Pengembangan Internet of things atau IoT bertujuan untuk mengakses serta mengoperasikan perangkat dari jarak jauh, hal ini dapat dilakukan dengan sedikit bantuan manusia atau bahkan tanpa bantuan manusia sama sekali.

Dalam penerapannya, teknologi IoT menggunalan perangkat pintar (smart device) yang terkoneksi dengan internet sehingga dapat terhubung satu sama lain dan saling bertukar data. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda sudah bisa menemukan Teknologi IoT terbaru yang akan terus dikembangkan menjadi lebih baik. Contoh penerapan teknologi tersebut adalah,

1. Perangkat elektronik (wearables)

Tentu Anda sudah cukup familiar dengan perangkat wearables, perusahaan besar memang sedang gencar-gencarnya berinvestasi dalam pembuatan perangkat yang satu ini. Perangkat wearables memiliki sensor yang terhubung dengan perangkat lunak sehingga dapat mengumpulkan data dan informasi tentang pengguna.

Contoh perangkat wearables yang diciptakan diantaranya adalah aksesoris seperti kacamata, kamera, jam tangan dan lainnya yang dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi, contohnya adalah smart watch.

2. Smart home

Teknologi IoT juga bisa diterapkan di dalam rumah, beberapa perangkat elektronik seperti AC, lampu, kipas angin dan perangkat lainnya dapat dihubungkan dengan internet sehingga memungkinkan Anda untuk menyalakan atau mematikan perangkat tersebut dari jarak jauh.

Tidak hanya perangkat elektronik saja, pintu rumah juga bisa dipasang teknologi IoT sehingga Anda bisa membukanya tanpa harus mendekati pintu. Teknologi ini tentunya sangat memudahkan pekerjaan Anda bukan?

3. Smart city

Tidak hanya diaplikasikan di rumah saja, teknologi IoT juga bisa diterapkan di sebuah kota. Sehingga teknologi ini bisa mengatur berbagai hal yang ada di dalam kota dan memecahkan permasalahan yang dihadapi orang-orang kota, seperti transportasi otomatis, sistem keamanan yang cerdas, distribusi air praktis, dan lainnya.

Contoh teknologi IoT yang sudah diterapkan adalah adanya aplikasi yang mengirimkan peringatan ke dinas kebersihan saat sampah yang ada di kota sudah menumpuk.

4. Sistem keamanan biometric

Teknologi IoT juga sudah diterapkan dalam sistem keamanan biometric, yang mana sistem keamanan ini digunakan untuk menandai kehadiran seseorang dengan hanya mengizinkan akses untuk orang yang berwenang. Contoh yang sering Anda temukan adalah sistem keamanan biometric yang menggunakan sidik jari, mata, suara, dan pengenalan wajah.

Itulah beberapa contoh dari teknologi IoT terbaru yang akan sangat mempermudah pekerjaan manusia. Teknologi ini juga akan terus dikembangkan agar tidak hanya mempermudah pekerjaan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.