Perkembangan Teknologi IoT Di Indonesia, Cara Kerja, Manfaatnya

Perkembangan Teknologi IoT

Tahukah Anda bahwa di tahun 2022 ini, perkembangan teknologi IoT (Internet Of Things) mengalami pertumbuhan yang cepat serta masif. Hal ini disampaikan langsung oleh Teguh Prasetya, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia atau ASIOTI. Bahkan juga dijelaskan bahwa pertumbuhan mengalami kenaikan 10% per tahunnya dan ini jelas tanda yang positif.

Pengertian IoT

IoT merupakan teknologi dengan satu objek yang mampu berkirim data melalui koneksi tanpa adanya bantuan manusia maupun komputer. Istilah IoT ini pertama kali disebutkan oleh ahli teknologi alat Inggris Kevin Ashton dan Dia mendeskripsikan IoT dengan “mata” dan telinga” daripada komputer.

Lebih menariknya lagi, jauh sebelum IoT ini dikenalkan oleh Kevin, ada ahli teknologi lulusan dari Massachusetts Institute of Technology John Romkey sudah membuat perangkat IoT pintar pertama kali di dunia pada tahun 1990. Inilah perangkat yang disebut alat pemanggang roti.

Cara Kerja Iot

Cara Kerja Iot
Contoh Cara Kerja Iot

Karena zaman semakin berkembang, Anda mau tidak mau harus dipaksa mengikuti perkembangan zaman, utamanya dalam hal teknologi. Maka dengan hadirnya IoT ini setiap ada perintah dapat menghasilkan interaksi pada sesama perangkat terhubung dengan otomatis tanpa intervensi pemakai, bahkan pada jarak jauh sekalipun.

Faktor utama yang jadi kunci kelancaran dari perangkat IoT ini adalah jaringan internet yang bisa menjadi connector untuk sistem juga perangkat. Lalu, manusia pada tahap ini hanya sebagai monitor saja untuk setiap perilaku perangkat ketika mereka sedang bekerja.

Manfaat IoT

Ada manfaat dari IoT untuk penggunanya, yakni :

1. Lebih Efisien

IoT adalah penunjang sehingga lebih efisien dalam aktivitas dan bekerja sehari-hari.Teknologi ini jika semakin banyak jenis koneksi yang dibuat, maka semakin kecil pula Anda untuk menyelesaikan tugas. Makanya dengan IoT ini bisa lebih efisien dalam bekerja.

2. Monitor Kegiatan Secara Praktis

IoT memang bisa membantu Anda untuk mengontrol juga memonitor kegiatan, Bahkan ini bisa juga merekomendasikan alternatif kegiatan/pekerjaan gampang.

3. Koneksi Lebih Mudah

Memakai IoT maka konektivitas antar perangkat akan lebih mudah, sebab semakin baik koneksi, sistem dari IoT ini bisa berjalan efektif dan cepat.

Perkembangan Teknologi Iot Di Indonesia

IoT di Indonesia bisa datang sebab rumah pintar serta smartphone. Rumah pintar ini bisa meningkatkan pemakai perangkat pintar dengan jumlah besar per tahunnya. Kondisi ini diharapkan pada setiap rumah, minimal ada lima perangkat supaya bisa membantu fungsinya dengan baik.

Alasan ini selaras dengan banyaknya jumlah orang yang memakai smartphone, Artinya akan semakin banyak sistem IoT ini.

Perlu Kamu ingat, bahwa smartphone juga rumah pintar memerlukan koneksi yang stabil dan ini dipakai buat bekerja. Artinya disini Kamu butuh jaringan yang stabil misalkan Wi-Fi yang sudah berubah Vesi ke 6.

Sebagian besar dari penyedia layanan dan pemakai sudah beralih ke 3G juga 4G hingga 5G di tahun 2022 ini. Jaringan 5G ini bahkan bisa menyebar ke berbagai penjuru Indonesia.
Itulah perkembangan teknologi IoT yang perlu Anda ketahui. Semoga membantu.