Tahukah Anda Apa Itu Teknologi IoT? Inilah Penjelasannya

Teknologi IoT adalah

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin hari semakin baik, ada banyak hal baru yang terus bermunculan dan tentunya membuat orang-orang perlu beradaptasi dengan teknologi tersebut. Salah satu yang sedang ramai menjadi perbincangan yaitu Teknologi IoT. Teknologi IoT adalah suatu konsep dalam dunia teknologi yang terhubung dengan internet.

Apa Itu Teknologi IoT?

Teknologi IoT atau internet of things merupakan suatu konsep dimana benda atau objek dipasang teknologi agar dapat berkomunikasi, dan bertukar data dengan perangkat lain selama Anda masih terhubung dengan internet.

IoT ini juga berhubungan erat dengan M2M atau machine to machine. Semua alat yang mempunyai kemampuan komunikasi M2M disebut sebagai smart device atau perangkat cerdas yang dapat sangat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.

Apa Itu Teknologi IoT ?
Teknologi IoT berhubungan erat dengan M2M atau machine to machine.

Untuk bisa membangun ekosistem IoT, Anda tidak hanya memerlukan perangkat cerdas saja, tetapi juga beberapa unsur IoT. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa objek atau benda perlu dipasang teknologi sehingga bisa bekerja sebagaimana mestinya, beberapa unsur IoT tersebut diantaranya adalah,

• Kecerdasan buatan (Artificial intelligence)

Kecerdasan buatan atau AI menjadi istilah yang cukup populer saat ini. Artificial intelligence merupakan sistem kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, yang mana kecerdasan tersebut diprogram di dalam mesin, agar mesin tersebut dapat berpikir dan berperilaku layaknya manusia. Artificial intelligence ini bertugas dalam pengumpulan data, perancangan algoritma, dan pemasangan jaringan.

• Sensor

Pernah mendengar istilah sensor sebelumnya? Dalam IoT, sensor ini dapat mengubah mesin yang awalnya memiliki sifat pasif, menjadi mesin atau alat yang aktif dan terintegerasi.

• Konektivitas

Konektivitas atau koneksi antar jaringan, dalam IoT memang diperlukan untuk membuat jaringan baru, yakni jaringan yang hanya digunakan oleh perangkat IoT.
Manfaat Teknologi IoT

Dikembangkannya suatu teknologi tentunya karena memiliki berbagai manfaat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi IoT adalah suatu teknologi yang bisa diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan dan memberikan banyak manfaat di beberapa bidang, seperti

1. Pertanian

Dalam bidang pertanian, teknologi IoT digunakan untuk mengumpulkan berbagai data misalnya suhu, kelembapan, kadar air dalam tanah dan lainnya menggunakan sensor. Data-data tersebut nantinya digunakan dalam pengambilan keputusan, meminimalkan resiko, peningkatan kualitas dan lainnya.

2. Transportasi

Dalam bidang transportasi Anda dapat menemukan teknologi IoT yang diterapkan untuk membuat mobil autopilot yakni mobil yang bisa berjalan dan parkir sendiri.

3. Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, teknologi IoT juga digunakan untuk mengambil data-data pasien seperti riwayat penyakit, tekanan darah, dan lainnya. Salah satu rumah sakit di Moscow bahkan sudah menggunakan robot untuk pengambilan data tersebut.

Berdasarkan beberapa penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Teknologi IoT adalah teknologi yang dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Sehingga tidak heran kalau teknologi yang satu ini terus dikembangkan menjadi lebih baik.