Perkembangan Teknologi Adalah Ancaman atau Peluang? Simak Ini!

Perkembangan Teknologi Adalah Ancaman atau Peluang?

Teknologi tentu tidak pernah terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Minimal Anda pasti punya satu teknologi komunikasi, yaitu smartphone. Perkembangan smartphone yang begitu pesat dan semakin canggih tentu adalah dampak adanya perkembangan teknologi yang kian melesat.

Lalu perkembangan teknologi adalah sebuah tantangan atau peluang? Untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini!

Teknologi sebagai Sebuah Ancaman

Teknologi sebagai Sebuah Ancaman Siber
Teknologi sebagai Sebuah Ancaman Siber

Tahukah Anda? Teknologi ibarat dua mata pisau yang saling bersinggungan. Tentu ada dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi yang semakin maju. Bagi sebagian orang, perkembangan teknologi yang kian cepat memberikan tantangan tersendiri, sekaligus membuat diri kita sedikit was-was akan dampak yang ditimbulkannya.

Mungkin bagi Anda yang berusia senja dan sudah tidak muda lagi, tentu sulit untuk beradaptasi dengan teknologi terbaru. Bahkan terkadang kesulitan untuk mempelajari hal-hal yang kian cepat, baik itu fitur-fiturnya hingga cara penggunaannya.

Perkembangan teknologi bisa disebut sebuah ancaman jika dalam penggunaannya, sumber daya manusia masih minim akan pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan. Apalagi terkait budaya literasi digital yang sulit untuk ditingkatkan, tentu semakin memperkuat asumsi akan hal tersebut.

Budaya literasi digital perlu dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi yang kian melesat. Seperti sebuah pepatah mengatakan, teruslah belajar karena hidup tak pernah berhenti memberi pelajaran. Apalagi di zaman serba digital ini, Anda perlu mengembangkan kemampuan teknik multimedia yang sering dibutuhkan dalam perkembangan teknologi.

Teknologi sebagai Sebuah Peluang

Teknologi sebagai Sebuah Peluang Usaha
Teknologi sebagai Sebuah Peluang Usaha

Setelah kita berbicara mengenai tantangan dalam perkembangan teknologi, kini kita beralih ke sisi mata pisau yang lainnya. Perkembangan teknologi yang kian modern tentu membuka peluang-peluang baru, yang bahkan tidak bisa didapatkan di zaman sebelumnya. Perkembangan teknologi adalah peluang jika sumber daya manusia itu sendiri yang mau belajar dan mencari hal positif dari perkembangan yang ada.

Misalnya saja ketika adanya mobile banking, Anda tidak perlu khawatir ketinggalan dompet ketika berbelanja di supermarket. Hal ini karena masih ada teknologi yang bisa menggantikan peran uang cash, yaitu menggunakan mobile banking, Hanya berbekal smartphone dan internet yang memadai, transaksi Anda bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Di samping itu, peluang perkembangan teknologi juga membuka kesempatan bagi generasi melek intelektual yang ingin mengembangkan teknologi dengan lebih baik lagi. Misalnya bagi Anda yang ingin memiliki merek smartphone sendiri, Anda bisa mengembangkan teknologi yang dimiliki smartphone masa kini dengan teknologi baru yang bisa berguna untuk masa depan.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa perkembangan teknologi adalah hal yang tidak bisa kita hindari. Dari masa ke masa, teknologi akan berkembang untuk memenuhi kepuasan dan membantu kehidupan manusia.

Entah sebagai ancaman atau peluang, perkembangan teknologi akan terus memberi dampak yang besar bagi kita. Namun kita, sebagai pengguna teknologi sebisa mungkin perlu memilah-milah antara hal yang baik dan buruk.