Cara Download Game PPSSPP di Android dan Menginstallnya

Cara Download Game PPSSPP di Android dan Menginstallnya

Ada cara download game PPSSPP yang bisa dilakukan di perangkat operasi Android. Walaupun, cukup mudah untuk dilakukan, sepertinya tidak banyak pengguna Android yang menyadari cara mendownload apalagi menginstall emulator ini.

Semua ini dipermudah dengan adanya banyak situs yang bisa menjadi sumber download PPSSPP. Data download tersebut bisa diunduh dan dipasang dengan aman pada smartphone. Memungkinkan para pengguna memainkan berbagai macam game.

Mengenal Game PPSSPP

Sebelum mengetahui cara download PPSSPP, ada baiknya para calon pemain memahami dulu. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan PPSSPP. PPSSPP sebenarnya bukan game itu sendiri, sistem merupakan sebuah emulator yang bisa dipasang pada perangkat smartphone Android.

Dengan memasang emulator ini pada perangkat HP. Maka, HP bisa memainkan game-game yang biasanya dimainkan pada konsol. Misalnya, seperti game yang bisa dimainkan di perangkat PS1, PS2, bahkan game yang dimainkan di PS3 dan PSP pun bisa dipasang.

Mengenal Game PPSSPP
Mengenal Game PPSSPP

Download emulator PPSSPP ini sebenarnya tidak dikhususkan untuk HP Android saja. Ada tipe emulator lain yang bisa dipasang pada jenis perangkat lain. Misalnya, seperti emulator PPSSPP yang khusus untuk perangkat komputer.

Karena itu, ketika mendownload data PPSSPP untuk HP Android. Perhatikan dengan benar, apakah data yang didownload memang data yang bisa dipasang atau diinstall pada HP Android. Karena mungkin data tidak bisa dipasang karena diperuntukan perangkat yang lain.

Spesifikasi Minimum Untuk Memasang PPSSPP

Jika ingin melakukan cara download PPSSPP Android. Tentu saja, smartphone yang digunakan harus dapat menjalankan program emulator. Karena itu, PPSSPP Android sudah menetapkan spesifikasi minimum untuk memasang emulator ini.

Jika, smartphone para calon pemain berada di bawah spesifikasi yang akan dijelaskan di bawah ini. Maka, bisa dipastikan jika para calon pemain tidak bisa memasang emulatornya pada smartphone. Berikut adalah spesifikasi perangkat yang harus dipenuhi.

  • Sistem Operasi : Minimum Android 2.3 Gingerbread ke atas.
  • CPU : Dual-Core seri Cortex Processor ukuran 1.2 GHZz.
  • GPU : Mali/ Power VR/ Adreno ukuran minimal 512 MB.
  • RAM : 2 GB ke atas.
  • Storage : 5 GB ke atas.

Jika dilihat dari spesifikasi yang harus dipenuhi, sepertinya tidak sulit. Kecuali jika smartphone Android yang digunakan benar-benar tipe yang lama. Dengan spesifikasi yang minimum ini, para calon pemain bisa memasang game PPSSPP ukuran kecil sampai menengah saja.

Cara Download game PPSSPP di Smartphone Android

Setelah memahami apa yang dimaksud PPSSPP dan sudah memenuhi spesifikasi minimum untuk perangkat Android juga. Para calon pemain sekarang sudah siap untuk cara download game PPSSPP di smartphone Android.

Tentu saja, para calon pemain harus memasang emulatornya terlebih dahulu. Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak situs yang dapat menjadi sumber data download. Walaupun, ada banyak pilihan, situs seperti ini biasanya memiliki cara download yang sama.

Karena itu, berikut adalah cara download game PPSSPP yang bisa dilakukan untuk smartphone operasi Android dari situs download yang terpercaya. Para calon pemain bisa menerapkan cara ini pada situs manapun.

  • Buka browser pada smartphone Android yang ingin dipasang emulator.
  • Akses situs sumber download emulator yang dipercayai.
  • Pilih jenis game yang ingin dipasang dan dimainkan di smartphone.
  • Tekan tombol download yang tepat untuk mulai mendownload data.
  • Tunggu sampai proses download selesai dan data tersimpan di memori perangkat.

Para calon pemain akan melihat data download pada memori internal perangkat. Biasanya data ini akan berbentuk folder dan di dalamnya ada file dengan format rar. Karena itu, para calon pemain perlu mengekstrak file terlebih dahulu sebelum memasangnya pada perangkat.

Cara Install Game PPSSPP di Smartphone Android

Cara Install Game PPSSPP di Smartphone Android
Cara Install Game PPSSPP di Smartphone Android

Setelah mengetahui cara download game PPSSPP di smartphone Android. Selanjutnya, para calon pemain harus mengetahui bagaimana cara menginstallnya. Tentu saja, mendownload data saja tidak cukup untuk bisa memainkannya.

Para calon pemain harus melakukan penginstalan secara manual. Karena memang data download tidak berasal dari toko aplikasi resmi. Jadi, tidak bisa melalui proses penginstalan otomatis seperti aplikasi yang didownload dari toko aplikasi resmi.

Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan install game PPSSPP. Untuk para pemain yang memasangnya di smartphone Android.

  • Ekstrak file Rar dari data download yang sudah didapatkan sebelumnya.
  • Kemudian, buka dan jalankan file yang sudah diekstrak dari file rar.
  • Dalam tampilan pengelolaan file, cari file game yang diinginkan kemudian tekan ikon game.
  • Setujui proses untuk memulai pemasangan pada game.
  • Tunggu sampai pemasangan selesai dilakukan.
  • Setelah pemasangan selesai dilakukan, maka ikon game akan muncul pada tampilan utama.
  • Setelah ikon game muncul pada tampilan utama, para calon pemain tidak mengklik ikon game dan game sudah bisa dimainkan.

Jika ingin berganti game yang ingin dimainkan, para pengguna tinggal masuk ke pengelolaan data lagi. Kemudian, memilih game baru jika filenya tidak ada para pengguna bisa mendownloadnya lagi dari situs yang sama.

Rekomendasi Situs Download Game PPSSPP

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara download game PPSSPP bisa dengan mudah dilakukan. Hal ini karena ada banyak situs yang bisa menjadi sumber download. Berikut adalah beberapa rekomendasi situs yang bisa menjadi sumber download yang aman.

1. RomsMania

RomsMania
RomsMania Situs ini menyediakan berbagai format dan genre game

Situs yang pertama direkomendasikan adalah RomsMania. Jika para calon pemain mencari sumber download yang lengkap maka situs ini adalah pilihan yang tepat. Terutama, bagi para calon pemain yang ingin memainkan game konsol PSP.

Situs ini menyediakan berbagai format dan genre game. Mulai dari yang adventure, horror, dan berbagai game terkenal lain dari konsol PSP. Ada berbagai format yang disediakan, jadi para calon pemain tidak hanya bisa mendownload untuk Android saja.

Namun juga untuk jenis perangkat yang lainnya. Proses downloadnya pun praktis dan sangat mudah.

2. CoolRom

CoolRom
CoolROM Sebagai sumber download Game PPSSPP yang terpercaya CSO maupun ISO

Selain RomsMania, para calon pemain juga bisa menjadikan CoolROM Sebagai sumber download yang terpercaya. Situs ini menyediakan berbagai game dengan berbagai format juga mulai dari CSO maupun ISO.

Situs ini adalah akses yang tempat untuk mencari game PPSSPP dengan ukuran kecil sampai menengah. Karena memang ukurannya sudah sedikit dimodifikasi, memungkinakan game di situs ini bisa dimainkan dengan lancar di smartphone dengan spesifikasi minimum.

3. Emuparadise

Emuparadise
Situs Emuparadise menjangkau banyak game yang bisa dimainkan di konsol PSP

Situs Emuparadise menjangkau banyak game yang bisa dimainkan di konsol PSP. Situs ini juga menyediakan beragam bentuk data yang bisa dipasang di smartphone Android maupun perangkat komputer sampai dengan laptop.

Variasi gamenya juga sangat banyak. Para calon pemain bisa dengan bebas memilih game yang ingin didownload. Jangan lupa, untuk memperhatikan formatnya agar bisa kompatibel dengan perangkat yang akan digunakan.

Itulah cara download game PPSSPP di smartphone dengan operasi Android. Berikut dengan informasi lain seputar cara mendownloadnya. Sebelum mendownload, pastikan untuk memilih situs yang terpercaya dan sudah memenuhi spesifikasi perangkat minimumnya.