Ketahui Dampak Teknologi IoT yang Bisa Anda Dapat

Dampak Teknologi Iot

Teknologi iot atau Internet of Things adalah sebuah hubungan diantara beberapa hal (seperti produk, alat, layanan, tempat, dan yang lain) dan manusia karena adanya teknologi internet serta berbagai sarana digital yang ada.

Singkatnya, dengan IoT anda dapat menghubungkan berbagai macam benda menggunakan internet, dari alat rumah tangga misalnya ac, lampu, kulkas, sampai dengan mesin industri pada pabrik serta kendaraan motor. IoT ini juga akan memungkinkan ada untuk memantau berbagai hal dengan cara baru yang modern dan mudah dilakukan.

Walaupun memiliki banyak keunggulan, terdapat dampak teknologi iot yang dapat anda terima, mau itu dampak positif ataupun negatif. Apa saja dampaknya? Berikut ulasan untuk anda.

Dampak Positif dari Teknologi IoT

Dampak Positif Teknologi IoT
Dampak Positif Teknologi IoT

Tentunya akan semakin banyak pekerjaan bisa lebih efisien. Pada bidang pertanian anda dapat lebih menghemat air, herbisida, pupuk, jumlah dari tenaga kerja, sampai lama waktu bekerja di ladang. Data dari sensor yang ada tersebut akan diolah menggunakan software agar bisa membuat keputusan yang jitu.

Akhirnya, produktivitas visa semakin meningkat. Panen bukan hanya akan lebih banyak tetapi juga semakin berkualitas dengan harga jual yang naik. Petani pun dapat hidup dengan lebih layak dan sangat sejahtera kedepannya.

Cara kerja menggunakan teknologi ini juga nantinya dapat melahirkan banyak bisnis baru. Seperti sensor serta kamera yang dapat dipakai dalam restoran. Layanan yang lebih cepat, modal yang lebih ringan, dan pelayan yang lebih sedikit.

Bahkan sudah ada supermarket di luar negeri yang bereksperimen dengan cara baru berbelanja tanpa menggunakan kasir. Jadi nantinya pembeli akan menghemat waktu tanpa perlu antre lagi. Toko pun tidak perlu mengkaji lebih banyak pelayan atau karyawan

Dengan banyaknya data dari ribuan dan bahkan jutaan sensor serta sumber data lain tentunya dapat melahirkan pengetahuan yang tidak bisa dibayangkan sebelumnya.

Dampak Negatif dari Teknologi IoT

Dampak Negatif Teknologi IoT
Salah Dampak Negatif Teknologi IoT

Karena salah satu dari dampak teknologi iot adalah sebuah efisiensi, maka tenaga kerja yang tidak terampil adalah dari pihak pertama yang nanti bisa dapat kehilangan pekerjaannya.

Hal ini pun akan membuat pabrik terus menambah jumlah PHK yang semakin banyak. Besarnya pengangguran pun juga dapat semakin menimbulkan masalah kesejahteraan serta keamanan sekitar.

Karena andalan dari teknologi IoT adalah sebuah data, maka data nantinya akan jadi sangat bernilai. Data dapat dipakai untuk mengungkap banyak informasi yang selama ini masih tersembunyi.

Pengusaha serta penguasa di mana pun pasti akan menginginkan hal itu. Akibatnya, akan muncul pencurian serta pembobolan data yang semakin marak terjadi. Data pun dapat bocor dan bahkan buruknya disalahgunakan. Hal ini pun membuat privacy akan lebih sulit terjaga.

Walaupun manfaat serta dampak teknologi iot negatifnya sudah disebutkan sebelumnya, banyak akibat buruk lain yang masih belum dapat diantisipasi. Hal ini karena bisnis dapat berubah total.

Siapa yang berpikir jika orang dapat menyewakan tempat menginap tanpa perlu mempunyai hotel besar seperti yang telah dilakukan oleh sebuah AirBnB?

Atau terdapat transportasi tanpa perlu memiliki taksi seperti yang dilakukan telah Grab dan Uber?

Atau mungkin dapat menjual tiket perjalanan ke seluruh penjuru dunia tanpa mereka membuka sebuah kantor Biro Perjalanan?

Tentunya hal ini menjadi dampak negatif karena bisa membuat banyak bisnis yang tutup atau bangkrut.