Intip Jurusan Favorit hingga Kerja untuk Ahli Teknik Multimedia

Teknik Multimedia Adalah

Intip Jurusan Favorit hingga Prospek Kerja yang Menjanjikan untuk Ahli Teknik Multimedia

Teknik multimedia adalah teknik untuk melakukan pengolahan terhadap sejumlah informasi yang disajikan dalam bentuk paduan data. Mulai dari teks, music, speech, still image, animasi, video, sampai dengan sumber lainnya untuk dimasukkan ke data stream yang koheren. Sehingga informasi akan terwakili, tersimpan, terkirim, serta bisa terproses dengan teknologi digital.

Jurusan-jurusan Teknik Multimedia yang Perlu Anda Tahu

Jurusan Teknik Multimedia
Teknik multimedia adalah salah satu jurusan yang banyak diminati sehingga tidak heran ada beberapa yang menjadi favorit.

Belajar ilmu teknik multimedia dan jaringan sangatlah menarik. Anda bisa belajar tentang dasar-dasar ilmu perfilman, ilmu dasar membuat animasi, ilmu dasar radio, game, serta ilmu tentang pemrograman. Bagi Anda yang sedang bertanya-tanya apa saja jurusan favorit yang berkaitan dengan multimedia, maka bisa disimak berikut ini.

• Pendidikan Multimedia

Dalam pendidikan multimedia Anda akan dilatih menyajikan sebuah data dalam bentuk teks, gambar, suara, video, animasi yang menarik. Bahasa pemrograman juga akan dipelajari di jurusan teknik multimedia. Tentu sangat menarik bagi yang ingin menjadi ahli animator.

• Teknik Multimedia Digital

Jurusan teknik multimedia adalah belajar secara lebih mendalam mengenai desain untuk software kontemporer dan juga teknik media digital modern. Jurusan ini bisa diambil sebagai jenjang pendidikan vokasi Diploma IV.

• Manajemen Teknik Studio Produksi

Untuk manajemen teknik studio produksi Anda akan belajar tentang radio dan pertelevisian. Segala hal tentang dunia radio dan televisi akan dipelajari detail pada jurusan ini.

Termasuk teknik rekayasa studio produksi untuk mengembangkan keahlian Anda. Sehingga bisa melakukan penyiaran yang lebih aplikatif dan inovatif.

Prospek Kerja Seorang Ahli Multimedia

Selama perkembangan teknologi masih ada dan semakin maju, maka prospek kerja untuk ahli teknik multimedia tidak akan pernah mati. Berikut ini adalah prospek kerja bagi Anda lulusan multimedia:

• Ahli Web Designer

Sebagai ahli bahasa pemrograman Anda yang sudah menguasainya akan mudah membuat website. Banyak perusahaan besar yang membutuhkan keahlian seorang web designer.

Mendesain sebuah website perusahaan dengan melakukan branding khusus menjadi nilai jual tersendiri bagi Anda. Sebagai web designer pun Anda bisa menunjukkan portfolio kepada perusahaan saat melamar pekerjaan.

• Ahli Graphic Designer

Jika Anda lebih ahli untuk membuat desain poster, kemasan produk, logo, atau tampilan website, bisa menjadi graphic designer. Pekerjaan ini juga bertujuan untuk melakukan branding bagi perusahaan. Tidak ada perusahaan yang tidak memerlukan ahli graphic designer. Untuk itu jangan ragu mempelajari ilmu multimedia sejak sekarang.

• Ahli Media Sosial

Anda suka sekali berselancar di dunia maya dan ingin tetap berpenghasilan bisa menempuh pendidikan multimedia. Anda akan belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan konten digital.

Setelah lulus nanti, Anda bisa bekerja sebagai spesialis media sosial sebuah perusahaan. Seperti merencanakan konten yang menarik untuk diunggah hingga menciptakan karakter perusahaan agar cepat dikenal konsumen.

• Ahli Animator

Dunia multimedia juga tidak bisa dipisahkan dengan animasi. Anda yang sudah jatuh hati dengan animasi, gunakan kesempatan untuk mempelajari bidang multimedia. Sebagai lulusan multimedia, Anda bisa bekerja sebagai animator. Menciptakan karakter tertentu yang bisa menjadi viral suatu hari nanti.

Lebih baik segera untuk mempelajari ilmu multimedia jika Anda tertarik. Pastinya Anda tidak akan merasa rugi dengan mempelajari multimedia. Sebab teknik multimedia adalah ilmu yang tidak akan pernah mati dan waktu pekerjaannya sangat fleksibel.