5 Kelebihan Teknik Multimedia digital beserta dengan kekurangannya

Teknik Multimedia Diigital

Saat ini teknik multimedia digital cukup banyak diminati masyarakat. Pasalnya seiring dengan zaman, teknologi semakin canggih dan merambah di banyak bidang membuat banyak orang tertarik untuk menekuni dunia teknologi multimedia.

Jika dahulu teknologi multimedia hanya melalui media analog, sekarang teknologi sudah diambil alih oleh media digital.

Meskipun begitu tidak sepenuhnya masyarakat langsung berpindah untuk melupakan media analog. Terdapat sebagian orang yang masih setia dengan media analog karena mempunyai nilai keunikan tersendiri.

Pengertian Multimedia Digital

Pengertian Multimedia Digital
Pengertian Multimedia Digital

Multimedia sendiri merupakan aktivitas menggunakan komputer sebagai salah satu media untuk menyampaikan suatu konten berupa teks, video, animasi, grafis, dll. Sedangkan teknologi digital adalah salah satu program atau sistem penghitungan yang cepat dalam memproses suatu informasi berupa kode.

Sehingga jika diartikan secara bersama teknik multimedia digital adalah menyampaikan informasi atau konten berupa teks, video, animasi, dll menggunakan program atau sistem penghitungan yang cepat berupa kode numerik.

Tidak heran jika teknologi digital lebih banyak disukai masyarakat, karena proses penyampaian informasi atau konten lebih cepat dibandingkan dengan media analog.

Setelah mengetahui tentang pengertian dari teknologi multimedia berbasis digital, dapatkah anda jelaskan kelebihan dan kekurangan dari teknik digital?

Yap, meskipun dinilai mempunyai keunggulan yang lebih daripada analog. Ternyata digital ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Teknik Digital

  1. Dapat memuat berita secara beragam, mulai dari bentuk video, animasi, tulisan, audio/suara, dan lain-lainnya.
  2. Kebanyakan informasi yang disajikan berdasarkan fakta (aktual), sehingga membuat masyarakat lebih percaya.
  3. Sekarang untuk mengetahui berita luar kota hingga luar negeri, tidak perlu mendatangi lokasinya langsung. Karena melalui teknik multimedia digital membuat semua informasi yang disajikan selalu up-to-date, sehingga anda tidak akan tertinggal berita terbaru yang sedang viral dan banyak diperbincangkan.
  4. Interaktif, karena terdapat kolom komentar, sehingga baik audiens dan author dapat menyampaikan dan mengetahui segala permasalahan audiens. Dan author dapat memperbaharui informasi yang sudah terunggah.
  5. Terdokumentasi dengan baik.

Kekurangan Teknik Original

  • Ketergantungan terhadap gadget, yang dapat diakses oleh internet.
  • Merusak tubuh, terutama pada penglihatan mata yang mana ketika mata terlalu lama bertatapan dengan layar komputer membuat mata lebih mudah lelah.
  • Dikarenakan jaringan internet hanya satu, namun bercabang banyak. Sehingga dengan banyaknya pengguna internet, peluang untuk terjadinya plagiasi sangat besar.

Demikian sudah penjelasan mengenai pengertian dari teknik multimedia digital, bersama dengan kelebihan dan kekurangan dari teknologi digital. Berdasarkan dengan kelebihan dan kekurangan tersebut berarti meskipun mempunyai banyak kelebihan dibandingkan teknologi sebelumnya.

Namun tentu tetap memiliki beberapa kekurangan. Seiring dengan bertambahnya zaman, dapat dipastikan bahwa perkembangan digitalisasi dapat terus berlangsung.