5 Pokok Prospek Kejra Teknik Multimedia dan Jaringan

Teknik Multimedia dan Jaringan

Seperti yang anda ketahui, kemajuan teknologi semakin canggih. Salah satunya dalam bidang teknik multimedia dan jaringan. Namun tidak banyak dari masyarakat yang mengetahui tentang teknologi multimedia, sehingga dianggap sebagai suatu hal yang baru dan asing.

Saking canggihnya teknologi saat ini, membuat banyak pihak yang lebih mengandalkan kecanggihan teknologi digital dibandingkan dengan teknologi manual. Pembahasan kali ini tentang teknologi multimedia dan jaringan. Yang mana multimedia dan jaringan mempunyai makna yang berbeda.

Pengertian multimedia

Pengertian Multimedia
Pengertian Multimedia

Multimedia dari kata multi yang berarti banyak, dan media yang berarti alat yang digunakan untuk menyampaikan atau mendistribusikan sesuatu. Teknik multimedia adalah teknik yang menggunakan komputer berfungsi untuk menyampaikan suatu konten berupa teks, audio, video, dan animasi dibantu dengan adanya alat pelengkap.

Pengertian jaringan

Pengertian Jaringan
Pengertian Jaringan

Jaringan yang dimaksudkan di sini adalah jaringan komputer, merupakan sekumpulan komputer yang terhubung antara satu dengan yang lainnya. Media transmisi pada jaringan memiliki dua jenis, yakni melalui wired (kabel) dan wireless (tanpa kabel). Dengan adanya jaringan, memudahkan satu perangkat dengan perangkat lainnya dapat saling melakukan pertukaran informasi.

Prospek kerja teknik multimedia

Pokok Prospek Kejra Teknik Multimedia dan Jaringan
Pokok Prospek Kejra Teknik Multimedia dan Jaringan

1. Grafis

Pada bidang grafis ini, mendominasi presentasi multimedia. Yang mana kegunaan dari grafis dalam multimedia mencakup beberapa aspek, yaitu dapat menjelaskan konsep melalui ilustrasi, dapat meringkas data numeric menggunakan chart sebagai ilustrasi, dan lain-lain.

2. Animasi

Merupakan penggabungan gambar dalam satu frame hingga menghasilkan sebuah gambar yang bergerak, seperti kartun. Macam animasi ada empat, yaitu animasi frame, animasi komputasional, animasi vector, dan morphing.

3. Teks atau Tulisan

Penggunaan teks dalam multimedia dapat dipilih sebagai sarana untuk menceritakan sebuah pengalaman atau pemberitahuan informasi secara mendetail. Karena tulisan sudah biasa digunakan sebagai salah satu alat komunikasi manusia, sehingga seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi teks/tulisan dapat dilakukan melalui teknik multimedia.

4. Digital Audio

Merupakan teknologi penyampaian berupa suara yang direkam, disimpan, dan direproduksi. Dengan cara menangkap sinyal kontinu dari sumber suara. Untuk dapat menampilkan audio, hanya dapat melalui dua area utama yakni telekomunikasi dan hiburan.

5. Video

Merupakan perekaman berupa gambar bergerak disertai dengan audio menggunakan sinyal video digital. Penayangan video terbagi dalam dua format, yakni analog dan digital.

Jika anda tertarik menekuni teknik multimedia, anda perlu mengetahui beberapa ruang lingkup multimedia yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Prospek kerja yang dapat anda pilih dari belajar teknik multimedia dan jarigan adalah menjadi web designer, graphic designer, video editor, social media specialist, dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan mengenai pengertian teknik multimedia dan jaringan dan juga prospek kerja dalam dunia teknologi multimedia masa kini.